Pentagon Ungkap Kekejaman Rezim Bush

AP PHOTO
Wartawan TV Al-Baghdadia, Muntazer al-Zaidi, Minggu (14/12), melemparkan sepatunya ke arah Presiden AS George W Bush saat jumpa pers di Baghdad, Irak. Bush, yang tampil bersama Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki dalam jumpa pers itu, mengelak dengan menundukkan badan. Zaidi kembali melemparkan sepatu ukuran 10 itu, tetapi tidak mengenai Bush.
Sabtu, 25 April 2009 | 07:34 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com – Pentagon akan segera menerbitkan ratusan foto yang menunjukkan dugaan penyiksaan oleh personil AS di penjara di Irak dan Afghanistan pada masa pemerintah George W. Bush. “Saya kira foto itu mencapai ratusan,” kata seorang pejabat Pentagon yang menolak menyebutkan identitasnya.

Pentagon telah menyetujui penerbitan sejumlah foto “substansial” pada 28 Mei sebagai jawaban atas penuntutan perkara Undang-undang Kebebasan Informasi yang telah berjalan lama yang diajukan oleh kelompok hak asasi manusia bermarkas di New York, Uni Kebebasan Sipil Amerika (ACLU). Foto-foto itu berasal dari 60 penyelidikan kejahatan dari 2001-2006 oleh personil militer yang diduga menyiksa para tahanan.

Namun, Pentagon menolak menolak komentar ACLU bahwa foto-foto itu merupakan gambaran penyiksaan yang meluas atas para tahanan. “Foto itu menunjukkan bahwa kami senantiasa serius berniat menyelidiki tuduhan penyiksaan,” kata juru bicara Pentagon Bryan Whitman kepada beberapa wartawan.

Sebagai hasil dari penyelidikan Pentagon terhadap penyiksaan tahanan, lebih dari 400 orang telah ditindak secara tegas, mulai dari hukuman penjara hingga penurunan pangkat dan surat teguran. Kelompok HAM tersebut menduga para pejabat senior di bawah pimpinan mantan presiden George W. Bush bertanggungajwab dalam kasus ini karena mendukung taktik interogasi yang penuh aksi kekerasan.

Dapatkan artikel ini di URL:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/25/07343894/pentagon.ungkap.kekejaman.rezim.bush