strawberry juice dari Jo…

 

strawberry-milk11strawberry juice itu mengejutkanku. tapi kali ini kejutan yang membuatku fresh di siang yang panas dan ganas itu. ya, tak sekadar panas cuaca, tapi juga pikiran dan hati. tapi bukan tentang panas itu yang ingin aku kisahkan kali ini. ini tentang sesuatu yang membuatku terkesan selama hidupku. segelas strawberry juice segar, tiba-tiba sudah ada di atas meja kerjaku. saat itu aku usai solat duhur. tentu saja aku bertanya-tanya, apalagi di atas meja kerja selainku tak ada segelas jus sepertihalnya meja kerjaku. ya, lidah Indonesiaku biasa mengucapkannya jus. jus strowberi. saat itu aku hanya bisa berseloroh, sambil setengah berteriak, “waw..pasti ini dari penggemar rahasiaku!!”. tapi sayang, kantor tetap sunyi, karena memang saat itu jam istirahat. lalu tiba-tiba salah seorang rekan lain membisikkanku. “dari Jo…,” bisiknya dari kejauhan. “ooo…,” balasku.

 

hmmm….Jo? tentu saja, mengetahui siapa sang pemberi, aku makin terkejut dan mulai mengingat-ingat apa yang terjadi antara aku dan Jo beberapa saat sebelumnya. Jo. nama lengkapnya Joanne McMillan, asal Australia. tanpa berlama-lama, akhirnya aku langsung faham persoalan yang sebenarnya. aku juga spontan bergegas mengucapkan terimakasihku kepada Jo. he…he…santai, ini bukan persoalan serius. Jo. oh…Jo, you’re really kind, respect and care. ya, that’s Jo’s character. sebenarnya, bagi aku memang tidak terjadi hal serius dengannya. apalagi beberapa jam sebelumnya, aku baru saja mengambil pelajaran darinya. pelajaran tentang pentingnya sebuah ketegasan terhadap sesuatu hal. aku rasa, pelajaran itu bukan hanya untukku, tapi juga untuk rekan-rekan lainnya.

Joanna and I, saat menjelang buka puasa bersama pada Ramadhan 2008

Joanna and I, saat menjelang buka puasa bersama pada Ramadhan 2008

kembali tentang kejutan dari Jo. sebenarnya ini hanya sekedar menebak, tapi Jo kembali memberiku pelajaran tentang arti persahabatan. karena selain kejutan strowberry juice, Jo juga pernah membuatku merasa dihargai. saat itu sedang dalam rapat, kemudian dengan iseng aku membuat nama Joanna dengan huruf-huruf yang unik dengan ballpoint di atas sobekan kertas. setelah jadi, akupun memperlihatkannya pada Jo. saat menerimanya, Jo hanya tersenyum dan mengucapkan terimakasihnya padaku. esoknya, aku melihat tulisan yang aku buat itu sudah ada di tembok depan meja kerjanya. aku tersanjung. lalu, beberapa bulan sebelum Jo memberikan strawberry juice, aku memberikan pin yang sangat biasa saja kepada Jo. tetapi Jo langsung memajang pin itu di bajunya. lagi-lagi aku tersanjung. apalagi hampir setiap hari Jo memakainya. makasih Jo!!.

Ya, itu hanya sebagian dari pelajaran-pelajaran yang sudah Jo berikan kepadaku. dulu dan sekarang, sebenarnya aku sudah lama bertanya-tanya dan tanpa sadar belajar memahami karakter Jo. but it’s just in my feeling. tentang Jo yang tenang, tentang Jo yang ekspresif jika mendapatkan message dari email, facebook, dan Ym. tentang Jo yang tiba-tiba terlihat merenungkan sesuatu, tentang Jo yang terlihat cantik dan berbeda jika rambut panjangnya digerai, tentang Jo yang selalu resah dengan beragam pola kerja teman-teman yang lain, tentang Jo yang memiliki bakat menulis feature yang bagus, tentang Jo yang kini tanpa sadar tengah mencari ide untuk menuliskan pengalamannya di Cirebon, tentang Jo yang care, Jo yang kind, Jo yang hobi camping (sepertinya begitu), dan tentang beribu makna sikap Jo lainnya.

Jo, I just wanna say thank u for every leasons that u teach. not only about ur’juice, but also ur’act. actually, if I can and if u want, I really wanna help u to find some ideas about ur’experience in Cirebon. moreover, I have many stories in every my reporting.

siang itu, strawberry juice dari Jo sangat menyegarkan badan dan pikiranku. selain manis sekaligus asam, juga berkhasiat bagi kesehatan. kandungan vitamin A, C, B, kalsium, posfat dan magnesium yang cukup besar berguna untuk pemenuhan kebutuhan tubuh. apalagi kandungan vitamin yang dikandungnya sebesar 56.700 mg per 100 gr, strawberry cukup baik sekali sebagai antioksidan sekaligus penghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. dan tentang kandungan lemaknya yang rendah dan tinggi akan serat, membuat strawberry sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes atau lagi diet. tentang yang terakhir itu, sepertinya Jo sudah mempertimbangkannya secara matang, bahwa aku memang dalam rangka diet (he..he…). ya, diet yang tak pernah terwujud. karena pada akhirnya, ketika aku lapar, maka aku harus makan.

dan tentang Jo yang ramah dan care itu, lagi-lagi Muhammad Ali (sang Petinju Legendaris Amerika Serikat) benar, bahwa persahabatan bukanlah pelajaran yang bisa kita dapatkan di sekolah. namun, jika tidak mempelajari arti persahabatan, kita pasti tidak akan mampu mempelajari apapun. dan dengan persahabatanku dengan Jo, aku mendapatkan banyak hal tentang arti menghargai. respect. respect. respect and care. tentang Jo, kapan-kapan aku sambung lagi. terimakasih sudah membaca.