tentang tanya

Kapan seseorang memiliki otoritas terhadap dirinya sendiri? Sungguh, lagi-lagi aku berat menuliskan sebuah istilah yang kuanggap tak menarik untuk aku tulis di sini. Kapan seseorang harus bergantung pada seseorang yang lainnya? Ya, setidaknya bergantung dalam berbagi isi pikiran. Dan kapan seseorang diharuskan bergantung pada seseorang yang satu maupun seseorang yang lainnya? Selanjutnya, kapan kau merasa perlu untuk hanya berbagi pada seseorang saja tidak lebih? Kapan kau merasa tidak mungkin berbagi pada seseorang yang lainnya?

Maaf, ini bukan interview mendesak yang mampu menegangkan antara dua orang. Ini hanya buah dari kerumitan yang membosankan. Aku sendiri tidak menyangka, ternyata ada saja masa di mana aku harus bergelut dengan tanya-tanya semacam itu. Padahal aku pernah bertekad untuk tidak peduli pada hal-hal semacam itu. Aku bahkan tak ingin menghabiskan waktuku barang sedetik pun, hanya untuk memikirkan jawaban-jawabannya.