“ibu dan facebook”….

mungkin telat. tapi lebih baik tau kejenakaan sekaligus kegelisahannya. aku tertawa tak henti, jika dan hanya jika tayangan video youTube itu tak dihentikan. judulnya “ibu dan facebook”. “mother and facebook”. awalnya mendengar beberapa kawan terbahak di depan laptop dan komputer. lalu aku penasaran. lebih penasaran lagi ketika terdorong untuk terbahak mendengar suara cempreng seorang anak kecil. setelah tau, ternyata seorang anak kecil bernama Serafina Ophelia Simanjuntak. aku pun mulai dengan search. dari hasil pencarianku, akupun dibawa pada sejumlah blog dan website sebagai muasal informasi seputar Serafina.

Serafina Ophelia

Serafina Ophelia

selain dari youTube, dari vivanews juga info seputar puisi Serafina aku lahap. Serafina Ophelia Simanjuntak (9) adalah seorang anak kelas 4 SD Bellarminus 2 Bekasi. dia membuat puisi yang menggambarkan betapa erat hubungan antara ibunya dengan situs jejaring sosial itu.

Puisi ini dibuat Rafin, panggilan akrab Serafina, bulan Januari 2009 lalu. Orangtuanya lantas memasukkannya dalam note mereka di facebook. Responnya cukup banyak. Oleh karena itu, ibunda Rafin, Reko Alum, langsung mengikutkan puisi itu ketika Pusat Kebudayaan Perancis (CCF) menggelar lomba puisi lucu.

Dari sekitar 100 puisi yang ikut serta, ada 15 yang ditampilkan di Taman Menteng 14 Maret lalu. Puisi Rafin masuk tiga besar yang menjadikannya berhak mendapatkan hadiah kursus tiga bulan belajar bahasa Perancis.

“Puisi itu dibuat Rafin dalam waktu tidak sampai lima menit. Dia memang sering melihat saya sedang asyik di laptop dengan facebook. Puisi itu tidak dibuat khusus untuk lomba itu,” kata Reko pada VIVAnews.

Rafin yang lahir 30 Oktober 1999 memang dikenal sangat ekpresif. Ia bahkan pernah mengirim surat pada atasan ayahnya. Rafin menanyakan kenapa ayahnya selalu dapat tugas yang memaksanya harus pulang pagi tiap kali pergi bekerja.

here Serafina’s action


Ibu & Facebook
Serafina Ophelia Simanjuntak

Ibu,
Facebook,
Hubungannya erat sekali

Setiap hari
Sehabis mandi
Selesai makan
Sehabis apapun

Dalam hatiku,
Aku berpikir
Mau kemana gerangankah ia?

Notebook
Tapi…
Apa yang selalu ia lihat di notebook?

Facebook!
Setiap hari
Tawanya menggema

Sampai kapankah
hubungan erat antara ibu dan facebook?

Mungkin sampai akhir hayatnya
Notebooknya akan dibawanya
Ke Surga…