memahami keajaiban

seharusnya tak begini. tapi inilah yang terjadi padaku. di saat lalu ketika aku begitu menginginkan sesuatu, aku begitu yakin. kini aku telah mendapatkannya, namun aku masih terus berdebat dengan diri sendiri apakah aku mampu mengahirinya dengan yang seharusnya. sesuatu di ruang kepalaku terus memenuhi dan meramaikan perdebatan demi perdebatan yang seharusnya tak perlu terjadi. tapi inilaih yang terjadi padaku.

sudah setengah dari waktuku kuhabiskan dengan berdebat. benar. aku memang harus mengambil resiko. seperti yang biasa kuteriakkan dalam tiap prosesku menuju sesuatu. benar. aku harus bekerja keras demi sebuah keajaiban. keajaiban yang kuciptakan sendiri, bukan mereka. aku hanya butuh memahami keajaiban hidup sepenuhnya jika kumengizinkan hal-hal yang tak terduga untuk terjadi. benar. kenapa aku harus mencari alasan secara terus menerus kenapa aku tak bahagia. padahal jelas, Tuhan memberiku matahari, juga satu saat ketika kita mampu mengubah segala sesuatu yang membuat kita tidak bahagia. benar. seperti kata-kata Paulo Coelho yang selalu menakjubkan dan mencerahkanku. tak seharusnya aku berpura-pura tak mengalaminya, menganggap saat itu tidak ada, bahwa hari ini sama dengan hari kemarin dan tidak akan berbeda dengan hari esok.

benar. aku seharusnya sungguh-sungguh memperhatikan kehidupanku, dan berharap akan menemukan saat magis itu. yang bisa saja muncul ketika kita melakukan sesuatu yang remeh. mungkin seperti menyiapkan anak kunci pintu muka ke lubangnya; saat itu juga bisa bersembunyi dalam keheningan sesudah makan siang, atau dalam seribu satu hal yang bagi kita tampak sama saja. tapi saat itu ada, saat ketika segenap kekuatan bintang menjadi bagian dari kita dan memungkinkan kita menoleh, dan memandang perjalanan yang telah kita tempuh itu dengan penuh kebanggaan dan keyakinan. dan seharusnya ini yang terjadi padaku. seperti yang selalu dinyataimajikan dalam paragraf-paragraf Paulo Coelho. salah satu novelis yang selalu terbersit di kepalaku ketika aku berpikir tentang kehidupan.

picture from unabellavita